Jumat, 09 Desember 2016

Ikan Air Asin

Jenis Ikan Air Asin

             1.Ikan Tongkol


Tongkol adalah salah satu jenis ikan tangkapan yang sangat penting bagi nelayan. Di dunia internasional ikan ini dikenal dengan sebutan kawakawa, little tuna, mackerel tunai atau false albacore. Tongkol umumnya bergerombol bercampur dengan berbagai jenis ikan seperti halnya ikan tuna. Tongkol memakan udang, sejenis cumi-cumi dan sotong serta jenis ikan lainnya, namun ikan ini menjadi mangsa cucut. Musim berpijah tongkol di Indonesia antara Agustus- Oktober.
Ikan Tongkol memiliki beberapa manfaat yang baik, seperti menjaga kesehatan mata, mengatasi rematik dan linu tulang, mengobati anemia, mencegah ejakulasi dini serta mencegah kulit kusam. Ikan tongkol yang ditangkap di perairan bersih dan bebas merkuri sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya cukup banyak, namun hindari tongkol yang mengandung merkuri karena bisa mengakibatkan cacat otak pada janin. Buanglah kepala tongkolnya, cukup makan dagingnya saja. 

Tongkol bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Berikut olahan tongkol :
·         Ikan kayu, seperti di Desa Lampulo, Banda Aceh. Hasil produksi dijual Rp 4.500- 70.000 (harga per 2013).
·         Kerupuk tongkol
·         Abon tongkol
·         Sup ikan tongkol
·         Pindang tongkol
·         Sarden ikan tongkol
·         Nugget tongkol

    2.Ikan Tuna


Ikan tuna merupakan perenang handal, memiliki daging berwarna merah muda hingga merah tua. Ikan ini memiliki nilai komersial tinggi dan penting. Ikan tuna juga memiliki beberapa manfaat seperti dikutip dari manfaat.co.id yakni sebagai sumber protein, mencegah stroke, mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan kadar trigliserida, baik untuk kesehatan jantung, mengurangi dan menegah obesitas, sumber vitamin B serta mencegah kanker. 

Namun disarankan untuk ibu hamil menghindari mengonsumsi ikan tuna yang mengandung merkuri. Ibu hamil dianjurkan agar tidak mengonsumsi lebih dari 6 ons tuna putih per minggu. Tunai putih disinyalir memiliki kandungan merkuri lebih tinggi dibanding ikan tuna kuning. 

Ikan tuna bisa diolah menjadi berbagai makanan kuliner enak bahkan bisa dijadikan usaha. Berikut ini olahan ikan tuna yang umum ada di masyarakat :
·         Tahu tuna
·         Bakso ikan tuna
·         Nugget tuna
·         Rollade tuna
·         Otak-otak tuna
·         Sosis tuna
·         Abon tuna
·         Kerupuk ikan tuna

3.Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah kerabat dekat tongkol, tuna serta kembung. Banyak orang menyukai ikan ini, biasa diperdagangkan dalam bentuk segar, kering atau diolah menjadi siomay, bakso, kerupuk dan lain-lain. Ikan ini sering berenang bergerombol dan kadang tidak jauh dari pantai. Ikan ini umumnya dipasarkan dalam keadaan segar atau beku serta untuk negara maju dalam bentuk fillet. Produk olahan ikan tenggiri diantaranya :
·         Nugget ikan tenggiri
·         Sup ikan tenggiri
·         Otak-otak ikan tenggiri
·         Sosis ikan tenggiri
·         Fish finger (makanan dengan bahan baku ikan tenggiri, difilet, dilapisi predust kemudian dibalut dengan tepung roti)
·         Pop fish tenggiri
·         Cripsy breaded roll
·         Sesame braded scrombe (merupakan jajanan dari ikan tenggiri yang dipotong tipis dan digoreng)
·         Seafood croquete (makanan camilan dari lumatan kentang, dikukus dan dicampur dengan potongan ikan tenggiri serta cumi)
·         Bakso ikan tenggiri
·         Kerupuk ikan tenggiri
·         Pempek dari ikan tenggiri
·         Siomay ikan tenggiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar